Posted by : Unknown
Jumat, 24 Oktober 2014
untuk menghemat waktu kita mulai saja
boatlah sebuah box, ukuran bebas
length segs : 1
width segs : 1
boatlah sebuah box, ukuran bebas
length segs : 1
width segs : 1
height : 1
tampilannya akan seperti ini, jangan lupa untuk merubah
opsi tampilan dari Smooth+Highlights menjadi Edged Faces
klik kanan pada objek, pilih Convert to Editable Poly, pilih Edge pada Selection
dan klik 4 edges seperti terlihat di gambar lalu klik Loop
setelah itu klik gambar kotak di sebelah kanan Champer (chamfer Setting), jika anda menggunakan 3ds Max 2009 kebawah mungkin akan keluar setting berbentuk dialog, tapi karena saya memakai 3ds Max 2011 maka tampilannya seperti gambar di bawah ini. (tak apalah sama saja) atur Chamfer Amountsehingga berbentuk seperti pada gambar
masih menggunakan Edge pilih salah satu Edge di bawah lalu klik Ring kemudian klik Conect padaEdit Edges
aturlah pada Chamfer Amount klik OK atau pada tanda centang
kemudian kita pilih Polygon, dan klik ketiga Polygon sambil menekan Ctrl
klik setting Inset, nantinya untuk membuat bibir
lalu klik setting Extrude, atur supaya extrude-nya kesebelah dalam dengan menggeser Amount Extrude menjadi minus (-) karena kita sedang membuat bagian mulut
lalu tarik kebawah. lakukan juga pada bagian yang bawah, sehingga hasil akhirnya seperti pada gambar
sekarang kita membuat bagian dagu, klik ketiga Polygon sambil menekan tombol Ctrl,
lalu setting Extrude klik OK
pilih Select and Transform Scale drag dan kecilkan bagian merah
sekarang kita membuat bagian mata pilih ketiga polygon seperti pada gambar, drag dan kecilkan
klik kedua Polygon sambil menekan Ctrl,
klik setting Inset maka akan tercipta polygon baru lalu pilih Select and Move seret ke bagian dalam
sekarang kita membuat bagian Hidung, pilih dua Polygon seperti pada gambar lalu Extrude
pilih edge klik di satu edge lau geser ke dalam
berpindah lagi ke seleksi Polygon pilih 3 polygon di bagian Hidung, lalu klik Select and Transform Scale, kecilkan bagian itu
Sekarang kita membuat bagian terakhir yaitu Telinga. sebelumnya rubah seleksi ke Vertex drag denganViewport dari bagian Right drag beberapa vertex sekaligus lalu dengan Select and Move geser bagian itu dan sempitkan
pilih bagian yang akan dibuat telingan dengan Polygon sambil menekan Ctrl lalu extrude
sekarang kita pilih bagian depan telinganya sambil menekan Ctrl lalu klik Insert seret ke bagian dalam
oh ya, saya hampir lupa pada bagian mata sebaiknya di pilih dengan polygon sambil menekan Ctrl lalu di Bevel sedikit ke bagian luar, tetapi saya kira ini tidak terlalu penting
tambahkan juga edge pada bagian kening lalu ring dan CONNECT
sampai sini kita anggap cukup saja, karena ini sengaja dibuat agar tidak terlalu rumit, cobalah diModifier List pilih TurboSmooth beri nilai Iterations : 2 untuk menghaluskan objek
lalu untuk melihat tampilan aslinya di Render (Shift+Q)