Posted by : Unknown
Rabu, 27 Juli 2016
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Dalam pembelajaran mengenai mata kuliah Sistem Informasi Manajemen dengan pokok bahasan “E-Commerce” mahasiswa kurang mengetahui tentang apa itu E-commerce, untuk apa E-Commerce, kenapa harus di pelajari, manfaat apa yang saya peroleh dengan mempelajari E-Commerce. Maka dari itu kami akan menjelaskan secara lebih spesifik tentang E-Commerce.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Dalam makalah ini akan dijelaskan secara lebih spesifik mengenai Mata kuliah Sistem Informasi Manajemen dengan Pokok bahasan “E-Commerce”
I.3 TUJUAN
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan penulis mengenai Penjelasan dari pengertian E-Commerce, B2B, B2C, C2C,C2B, Manfaat Serta Pentingnya E-Commerce, dan Bisnis Intelegent dalam E-Commerce. Selain itu makalah ini digunakan sebagai salah satu syarat memperoleh nilai pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 KONSEP E-COMMERCE
Pengertian dari Elektronik Commerce (E-commerce), Yaitu Perdagangan elektronis adalah segala bentuk kegiatan perdagangan (pembelian, penjualan, pemasaran barang, jasa dan informasi, dll) yang dilakukan secara elektronis.
Transaksi jual-beli barang atau jasa secara elektronis pada abad ke 21 ini sangat diperlukan untuk kemudahan bagi pelaku transaksi ini, sehingga akan menciptakan kenyamanan bagi penggunanya.
2.2 STRATEGI MENJELASKAN E-COMMERCE
Kami akan menjelaskan tentang pokok bahasan E-Commerce secara singkat dan padat tetapi berisi dengan cara diskusi yang kami upayakan secara relax karena dengan cara itu mahasiswa akan mendapatkan suasana yang kondusif, Sehingga mahasiswa tidak terlalu tegang berada di dalam kelas dan merasa nyaman.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 PENGERTIAN E-COMMERCE
Pengertian dari Elektronik Commerce (E-commerce), Yaitu Perdagangan elektronis adalah segala bentuk kegiatan perdagangan (pembelian, penjualan, pemasaran barang, jasa dan informasi, dll) yang dilakukan secara elektronis.
Introduction
Internet membawa perubahan signifikan terhadap bisnis dan melahirkan istilah e-business
E-business : Penggunaan alat dan platform elektronis untuk melaksanakan bisnis perusahaan (Kotler, 2003).
E-business : Penggunaan teknologi internet untuk menghubungkan dan memberdayakan proses bisnis (O’Brien 2001).
Online Communication Choices
1. Email
2. Discussion mailing lists
3. Newsgroups
4. Instant messaging and chat
5. Video Conference
6. Internet telephony
7. File transfers
8. Intranets and extranets, dll
Tiga Bagian Dari E-business
1. Komunikasi &Kolaborasi, yaitu Koordinasi & komunikasi berarti berbagi informasi dan penyelarasan setiap usaha yang dilakukan masing-masing individu dalam suatu kelompok kerja. Sedangkan Kolaborasi, yaitu bekerjasama dalam melaksanakan tugas atau kegiatan.
2. Internal Business, yaitu Penggunaan sistem internal data untuk melayani proses dan bisnis secara internal. Dimungkinkannya akses data perusahaan dari jarak jauh (diluar perusahan) yang terdapat pada server.
3. Electronic Commerce, Yaitu Berbagai bentuk kegiatan perdagangan yang dilakukan secara elektronis.
Sistem Bisnis Internal
Pemrosesan Transaksi secara internal, misalnya hasil penjualan yang dapat di input salesman dari jarak jauh.
Portal perusahaan, yaitu sarana informasi berbasis web yang ditujukan secara khusus untuk pegawai perusahaan
Pemantauan aktivitas dalam perusahaan
Pengendalian internal proses
Sistem pendukung manajemen
3.2 DOMAIN E-COMMERCE
Domain E-Commerce: B2B, B2C, C2C, dan C2B
Business to Business (B2B)
B2B merupakan bentuk jual beli produk yang melibatkan dua atau lebih perusahaan dan dilakukan secara elektronis.
Beberapa perusahaan yang terlibat: pemasok, distributor, pabrik, toko, dll.
Kebanyakan transaksi secara langsung antara dua sistem.
Contoh : Wal-mart dengan para pemasok
Keuntungan Dari B2B yaitu :
a) Mempercepat transaksi antara penjual dan pembeli
b) Menurunkan biaya transaksi kedua belah pihak
c) Menciptakan pasar baru tanpa dibatasi wilayah geografis
d) Meningkatkan komunikasi & kolaborasi antara penjual dan pembeli
Business to Consumer (B2C)
B2C merupakan bentuk jual beli produk yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis.
B2C diminati karena pembelian produk dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, serta umumnya harga produk lebih murah.
Contoh B2C :
Amazon, Jenis Produk: Buku, musik, video, barang elektronik, permainan. www.amazon.com
Cisco, Jenis Produk: Jaringan dan peralatan jaringan. www.cisco.com
Dell, Jenis Produk: Komputer & periperal. www.dell.com
Consumer to Consumer (C2C)
C2C disebut juga person to person (Griffin, 2003)
C2C merupakan bentuk jual beli produk yang melibatkan konsumen dengan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis.
Contoh: situs eBay (www.ebay.com).
Consumer to Business (C2B)
C2B merupakan bentuk jual beli produk yang melibatkan konsumen sebagai penjual dan perusahaan sebagai pembeli yang dilakukan secara elektronis.
Contoh: situs www.priceline.com memungkinkan seseorang menjual rumah ke perusahaan tersebut.
3.3 MANFAAT DAN PENTINGNYA E-COMMERCE
Greatest Internet Benefits
Revenues New markets
Time to market Cost control
Innovation Knowledge sharing
Products & services Customer service
Globalization Communication
Challenges to Business
Privacy
Productivity
Technology costs
Data security
Cyber terrorism
Virtual Organization
Internet melahirkan organisasi yang disebut dengan organisasi virtual (VO)
VO adalah jaringan organisasi independen yang dihubungkan melalui IT
Tujuan VO adalah mengeksploitasi peluang pasar dengan berbagai keterampilan, biaya dan akses pasar
Karakteristik Virtual Organization :
• Umumnya beroperasi berdasarkan proyek (walaupun ada yang bersifat permanen)
• Jumlah pegawai tetap sedikit
• Fasilitas administrasi sederhana
• Penghimpunan sumber daya organisasi dan mitra kerja, ketika mendapatkan proyek
• Contoh : GRC -Global Research Consortium (www.worldvest.com), VO yang bergerak di bidang layanan penelitian dan konsultasi perusahaan yang berusaha di Asia, hanya memiliki 3 pegawai tetap.
E-Intermediary
E-commerce juga melahirkan perantara berbasis internet, dikenal dengan istilah e-intermediary.
E-intermediary adalah para anggota saluran distribusi internet yang melakukan salah satu atau kedua kegiatan berikut:
1. Mengumpulkan informasi tentang para penjual dan menyajikannya dalam bentuk yang praktis bagi konsumen
2. Membantu menyalurkan produk-produk internet ke konsumen
Jenis E-Intermediary, yaitu :
Syndicated Seller
Shopping Agent
B2B Broker
Syndicated Seller, (Penjualan bersindikat) adalah sebuah situs web yang menawarkan hubungan bagi konsumen ke situs-situs lain. Hubungan dibentuk melalui iklan (banner ads) yang terpampang dalam halaman web. Konsumen akan tersambung dengan web, jika mengklik icon/gambar tersebut. Contoh : situs yang menayangkan iklan dari toko buku online amazon.com
Shopping Agent, Dikenal dengan sebutan (e-agent), merupakan suatu situs yang membantu para konsumen dengan memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan konsumen dalam rangka membuat keputusan membeli.
Contoh : (1) PriceSCAN (www.pricescan.com), e-agent dalam bidang komputer dan berbagai produk elektronik. (2) Travelocity.com, e-agent dalam bidang ticketing pesawat dan kamar hotel.
B2B Broker, adalah e-agent yang menghubungkan antara bisnis dan bisnis. Contoh: Edfex (www.edfex.com), b2b broker untuk produk dan harga terbaru dari para pemasok dan pembeli.
M-Commerce
Mobile Commerce adalah generasi berikutnya dari e-commerce dan M-commerce juga adalah bentuk penjualan dan pembelian produk yang dilakukan melalui piranti seperti handpone atau PDA. Teknologi yang mendasarinya adalah WAP (Wireless Application Protocol).
3.4 BISNIS INTELEGEN DALAM E-COMMERCE
Before engaging in e-commerce, managers must understand their firm’s relationships with customers, competitors, suppliers, and other external entities. Business Intelligence (BI) is the gathering of information about the environmental elements that interact with your firm,
3.5 DAFTAR PUSTAKA
http://www.wikipedia%20.e-commerce#pengertian#@.com
http://www.google*e-commerce#.com
Sistem Informasi Manajemen, ppt.
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Dalam pembelajaran mengenai mata kuliah Sistem Informasi Manajemen dengan pokok bahasan “E-Commerce” mahasiswa kurang mengetahui tentang apa itu E-commerce, untuk apa E-Commerce, kenapa harus di pelajari, manfaat apa yang saya peroleh dengan mempelajari E-Commerce. Maka dari itu kami akan menjelaskan secara lebih spesifik tentang E-Commerce.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Dalam makalah ini akan dijelaskan secara lebih spesifik mengenai Mata kuliah Sistem Informasi Manajemen dengan Pokok bahasan “E-Commerce”
I.3 TUJUAN
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan penulis mengenai Penjelasan dari pengertian E-Commerce, B2B, B2C, C2C,C2B, Manfaat Serta Pentingnya E-Commerce, dan Bisnis Intelegent dalam E-Commerce. Selain itu makalah ini digunakan sebagai salah satu syarat memperoleh nilai pada mata kuliah Sistem Informasi Manajemen.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 KONSEP E-COMMERCE
Pengertian dari Elektronik Commerce (E-commerce), Yaitu Perdagangan elektronis adalah segala bentuk kegiatan perdagangan (pembelian, penjualan, pemasaran barang, jasa dan informasi, dll) yang dilakukan secara elektronis.
Transaksi jual-beli barang atau jasa secara elektronis pada abad ke 21 ini sangat diperlukan untuk kemudahan bagi pelaku transaksi ini, sehingga akan menciptakan kenyamanan bagi penggunanya.
2.2 STRATEGI MENJELASKAN E-COMMERCE
Kami akan menjelaskan tentang pokok bahasan E-Commerce secara singkat dan padat tetapi berisi dengan cara diskusi yang kami upayakan secara relax karena dengan cara itu mahasiswa akan mendapatkan suasana yang kondusif, Sehingga mahasiswa tidak terlalu tegang berada di dalam kelas dan merasa nyaman.
BAB III
PEMBAHASAN
3.1 PENGERTIAN E-COMMERCE
Pengertian dari Elektronik Commerce (E-commerce), Yaitu Perdagangan elektronis adalah segala bentuk kegiatan perdagangan (pembelian, penjualan, pemasaran barang, jasa dan informasi, dll) yang dilakukan secara elektronis.
Introduction
Internet membawa perubahan signifikan terhadap bisnis dan melahirkan istilah e-business
E-business : Penggunaan alat dan platform elektronis untuk melaksanakan bisnis perusahaan (Kotler, 2003).
E-business : Penggunaan teknologi internet untuk menghubungkan dan memberdayakan proses bisnis (O’Brien 2001).
Online Communication Choices
1. Email
2. Discussion mailing lists
3. Newsgroups
4. Instant messaging and chat
5. Video Conference
6. Internet telephony
7. File transfers
8. Intranets and extranets, dll
Tiga Bagian Dari E-business
1. Komunikasi &Kolaborasi, yaitu Koordinasi & komunikasi berarti berbagi informasi dan penyelarasan setiap usaha yang dilakukan masing-masing individu dalam suatu kelompok kerja. Sedangkan Kolaborasi, yaitu bekerjasama dalam melaksanakan tugas atau kegiatan.
2. Internal Business, yaitu Penggunaan sistem internal data untuk melayani proses dan bisnis secara internal. Dimungkinkannya akses data perusahaan dari jarak jauh (diluar perusahan) yang terdapat pada server.
3. Electronic Commerce, Yaitu Berbagai bentuk kegiatan perdagangan yang dilakukan secara elektronis.
Sistem Bisnis Internal
Pemrosesan Transaksi secara internal, misalnya hasil penjualan yang dapat di input salesman dari jarak jauh.
Portal perusahaan, yaitu sarana informasi berbasis web yang ditujukan secara khusus untuk pegawai perusahaan
Pemantauan aktivitas dalam perusahaan
Pengendalian internal proses
Sistem pendukung manajemen
3.2 DOMAIN E-COMMERCE
Domain E-Commerce: B2B, B2C, C2C, dan C2B
Business to Business (B2B)
B2B merupakan bentuk jual beli produk yang melibatkan dua atau lebih perusahaan dan dilakukan secara elektronis.
Beberapa perusahaan yang terlibat: pemasok, distributor, pabrik, toko, dll.
Kebanyakan transaksi secara langsung antara dua sistem.
Contoh : Wal-mart dengan para pemasok
Keuntungan Dari B2B yaitu :
a) Mempercepat transaksi antara penjual dan pembeli
b) Menurunkan biaya transaksi kedua belah pihak
c) Menciptakan pasar baru tanpa dibatasi wilayah geografis
d) Meningkatkan komunikasi & kolaborasi antara penjual dan pembeli
Business to Consumer (B2C)
B2C merupakan bentuk jual beli produk yang melibatkan perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis.
B2C diminati karena pembelian produk dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, serta umumnya harga produk lebih murah.
Contoh B2C :
Amazon, Jenis Produk: Buku, musik, video, barang elektronik, permainan. www.amazon.com
Cisco, Jenis Produk: Jaringan dan peralatan jaringan. www.cisco.com
Dell, Jenis Produk: Komputer & periperal. www.dell.com
Consumer to Consumer (C2C)
C2C disebut juga person to person (Griffin, 2003)
C2C merupakan bentuk jual beli produk yang melibatkan konsumen dengan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis.
Contoh: situs eBay (www.ebay.com).
Consumer to Business (C2B)
C2B merupakan bentuk jual beli produk yang melibatkan konsumen sebagai penjual dan perusahaan sebagai pembeli yang dilakukan secara elektronis.
Contoh: situs www.priceline.com memungkinkan seseorang menjual rumah ke perusahaan tersebut.
3.3 MANFAAT DAN PENTINGNYA E-COMMERCE
Greatest Internet Benefits
Revenues New markets
Time to market Cost control
Innovation Knowledge sharing
Products & services Customer service
Globalization Communication
Challenges to Business
Privacy
Productivity
Technology costs
Data security
Cyber terrorism
Virtual Organization
Internet melahirkan organisasi yang disebut dengan organisasi virtual (VO)
VO adalah jaringan organisasi independen yang dihubungkan melalui IT
Tujuan VO adalah mengeksploitasi peluang pasar dengan berbagai keterampilan, biaya dan akses pasar
Karakteristik Virtual Organization :
• Umumnya beroperasi berdasarkan proyek (walaupun ada yang bersifat permanen)
• Jumlah pegawai tetap sedikit
• Fasilitas administrasi sederhana
• Penghimpunan sumber daya organisasi dan mitra kerja, ketika mendapatkan proyek
• Contoh : GRC -Global Research Consortium (www.worldvest.com), VO yang bergerak di bidang layanan penelitian dan konsultasi perusahaan yang berusaha di Asia, hanya memiliki 3 pegawai tetap.
E-Intermediary
E-commerce juga melahirkan perantara berbasis internet, dikenal dengan istilah e-intermediary.
E-intermediary adalah para anggota saluran distribusi internet yang melakukan salah satu atau kedua kegiatan berikut:
1. Mengumpulkan informasi tentang para penjual dan menyajikannya dalam bentuk yang praktis bagi konsumen
2. Membantu menyalurkan produk-produk internet ke konsumen
Jenis E-Intermediary, yaitu :
Syndicated Seller
Shopping Agent
B2B Broker
Syndicated Seller, (Penjualan bersindikat) adalah sebuah situs web yang menawarkan hubungan bagi konsumen ke situs-situs lain. Hubungan dibentuk melalui iklan (banner ads) yang terpampang dalam halaman web. Konsumen akan tersambung dengan web, jika mengklik icon/gambar tersebut. Contoh : situs yang menayangkan iklan dari toko buku online amazon.com
Shopping Agent, Dikenal dengan sebutan (e-agent), merupakan suatu situs yang membantu para konsumen dengan memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan konsumen dalam rangka membuat keputusan membeli.
Contoh : (1) PriceSCAN (www.pricescan.com), e-agent dalam bidang komputer dan berbagai produk elektronik. (2) Travelocity.com, e-agent dalam bidang ticketing pesawat dan kamar hotel.
B2B Broker, adalah e-agent yang menghubungkan antara bisnis dan bisnis. Contoh: Edfex (www.edfex.com), b2b broker untuk produk dan harga terbaru dari para pemasok dan pembeli.
M-Commerce
Mobile Commerce adalah generasi berikutnya dari e-commerce dan M-commerce juga adalah bentuk penjualan dan pembelian produk yang dilakukan melalui piranti seperti handpone atau PDA. Teknologi yang mendasarinya adalah WAP (Wireless Application Protocol).
3.4 BISNIS INTELEGEN DALAM E-COMMERCE
Before engaging in e-commerce, managers must understand their firm’s relationships with customers, competitors, suppliers, and other external entities. Business Intelligence (BI) is the gathering of information about the environmental elements that interact with your firm,
3.5 DAFTAR PUSTAKA
http://www.wikipedia%20.e-commerce#pengertian#@.com
http://www.google*e-commerce#.com
Sistem Informasi Manajemen, ppt.
Related Posts :
- Back to Home »
- contoh makalah e-commerce »
- contoh makalah e-commerce